Pengawasan Kearsipan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Babel Kepada Dispersip Kota Pangkalpinang

 

 

Selama dua hari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang kedatangan tamu dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bangka Belitung yaitu Tim Pengawasan Kearsipan dalam kegiatan “Monitoring Tindak Lanjut Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2020”. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 28-29 September 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang yang diikuti oleh seluruh tenaga kearsipan, pejabat struktural dibidang kearsipan dan arsiparis.

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan pengawasan kearsipan tahun 2019 yang harus ditindak lanjuti oleh objek pengawas sebagai bentuk pertanggung jawaban dari hasil pengawasan tahun 2019. Ruang lingkup pada kegiatan monitoring ini meliputi 8 aspek yaitu aspek ketaatan terhadap peraturan perundang-undanganan kearsipan dalam penetapan kebijakan kearsipan, aspek program kearsipan, aspek penyusutan arsip, aspek pengolahan arsip inaktif, aspek pengelolaan arsip statis, aspek sumber daya manusia kearsipan, aspek kelembagaan dan aspek sarana dan prasarana.

Berdasarkan hasil monitoring tindak lanjut hasil pengawasan kearsipan akan diberikan penilaian atas pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi pada objek pengawasan sehingga dapat meningkatkan peringkat penilaian hasil audit yang tertuang dalam LAKE (Lapoan Audit Kearsipan Eksternal). Dan Tim Pengawas telah mengeluarkan risalah hasil monitoring pengawasan kearsipan dan selanjutnya harus ditindak lanjuti oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang kemudian Tim Pengawas akan mengeluarkan penilaian penyelenggaraan kearsipan untuk setiap aspek pengawasan kearsipan.

Dari hasil temuan pengawasan kearsipan ini saya telah menghimbau kepada seluruh tenaga kearsipan maupun arsiparis  harus segera menindaklanjuti sehingga penilaian Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kota Pangkalpinang dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang mendapat nilai yang baik dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tutur Agusfendi, SE, MA selaku Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang.