Kegiatan Lomba Pengelolaan Kearsipan di tengah Pandemi

 

Lomba Pengelolaan Kearsipan Tahun 2020 tetap dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang ditengah wabah Covid-19. Walaupun kegiatan ini dilakukan dengan mengunjungi setiap OPD dan setiap kelurahan yang berada di Pemerintah Kota Pangkalpinang namun tetap mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, seluruh tim menggunakan masker serta membawa handsanitizer.

Kegiatan pengelolaan kearsipan bertujuan untuk melakukan penilaian terhadap peran dan optimalisasi penyelenggaraan pada setiap OPD dan setiap Kelurahan yang berada di Pemerintah Kota Pangkalpinang. Jumlah OPD dan kelurahan yang dilakukan penilaian yaitu sebanyak 32 OPD dan 42 Kelurahan. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 7 hingga 18 september 2020 dengan tim 8 orang terdiri dari 6 orang yang terdiri dari arsiparis dan pengelola kearsipan sebagai penilai serta 2 orang pendamping yang seluruhnya berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang.

Kriteria penilaian lomba pengelolaan kearsipan terdiri dari pengelolaan arsip aktif, pengelolaan arsip inaktif, pengelolaan arsip statis, SDM kearsipan dan kegiatan-kegiatan yang mendukung penyelamatan arsip. Kriteria ini dipilih sebagai poin-poin dalam penilaian agar pengelolaan kearsipan di OPD dan Kelurahan sesuai dengan peraturan penyelenggaraan kearsipan sebagimana yang dimanahkan didalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 dan Peraturan Walikota Pangkalpinang Nomor 53 Tahun 2017.

“Untuk OPD dan kelurahan yang mendapatkan nilai terbaik akan dikirimkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bangka Belitung untuk mengikuti lomba pengelolaan kearsipan tingkat provinsi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menumbuhkan kesadaran pengelola kearsipan dilingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk selalu semangat dalam melaksanakan tugas dan penuh tanggung jawab.” Ujar Yulianti Yusuf, SE, Kasi Pembinaan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang dan juga Ketua Tim Penilai.