Tingkatkan Kualitas Layanan Perpustakaan Daerah Berbasis Digital Serta JRA, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bateng Studi Tiru ke DPK Kota Pangkalpinang

 

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah melakukan Studi Tiru dalam rangka meningkatkan kualitas layanan perpustakaan daerah yang berbasis Digital serta Jadwal Retensi Arsip (JRA) ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang. Rabu, (2/12/2020).

Rombongan yang berjumlah 18 orang tersebut terdiri dari Bagian Umum, bagian perencanaan, bidang Kearsipan dan Bidang Perpustakaan Bangka Tengah yang disambut langsung Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kota Pangkalpinang Agus Fendi, S.E, M.A beserta jajaran.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, Budi Utama, S.STP, M,Si mengatakan Kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang ini merupakan kunjungan ke 3 (tiga) setelah Belitung dan Belitung Timur di Tahun 2020.

”Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dinas kami ( Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah – red) dimana dengan maksud dan tujuàn road show kami sudah dan apa yang belum dinas kami laksanakan,” ungkap Budi.

Dijelaskannya, Saya membawa 18 orang pegawai yang terdiri dari Bagian Umum, bagian perencanaan , bidang Kearsipan dan Bidang Perpustakaan.

”Studi Tiru ini juga dilakukan karena ketertarikan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan kabupaten bangka Tengah terkait di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang sudah memberlakukan Perwako No.53 Tahun 2017 tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip (SKKAA) dan Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial melalui BUNDA LITERASI dan juga DIGITAL LIBRARY yang berkerjasama dengan pihak Angkasa Pura II”, terang Budi Utama di Kantor Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang, Agus Fendi, S.E, M.A  menjelaskan dalam hal ini kami sangat berterimakasih kepada teman–teman dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah yang sudah mau melaksanakan studi tiru ditempat kita.

”Pertama dengan tujuan silaturahmi, mengali ilmu dan pengetahuan baik itu berupa kelebihan dan kekurangan masing – masing dibidang kearsipan dan bidang perpustakaan terutama di pengelolaaan kearsipan dan layanan perpustakaan,” kata Agus

Kedua mereka memberi masukan juga ke kita karena disini kita sharing ilmu karena program di mereka juga cukup bagus, dalam hal pelayanan kearsipan dan perpustakaan dan itu patut kita apresiasikan dalam hal kearsipan,” tutupnya.