Belajar Bimbingan dan Supervisi Penataan Arsip, Dinas Perpustakaan dan kearsipan Babar Kunjungi DPK Kota Pangkalpinang

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Pangkalpinang Kembali di kunjungi terkait Studi Tiru dalam rangka Bimbingan dan Supervisi Penataan Arsip di Unit Pencipta Arsip ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) oleh Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bangka Barat. Kamis, (3/12/2020).

Kepala Bidang Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Dra. Hj. Lili Puspa mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bangka Barat yang berhalangan hadir, Kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang ini karena dianggap layak menjadi Pembinaan dan Pengelolaan kearsipan untuk ditiru.

”Kunjungan ini dalam rangka Bimbingan dan Supervisi Penataan Arsip, yang mana bagi kami Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang selain layak dan betul betul bisa kami jadikan contoh untuk kami tiru dalam pengelolaan arsip,” ungkap Hj. Lili.

Selain itu, yang menjadi ukuran, dalam Lomba Kearsipan pun Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang selalu mendapatkan predikat juara,” jelasnya.

Kedatangan Kami terdiri dari 4 orang yang mewakili Kabid Kearsipan, Arsiparis, Pengelola Arsip di Sekretariat dan Pengelola Arsip di Bidang Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat,” tutur Hj. Lili.

Ia menjelaskan, Studi Tiru ini dilakukan karena ketertarikan bidang kearsipan Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bangka Barat terkait di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang yang sudah melaksanakan Pola Bimbingan dan supervisi Penataan Arsip di Unit Pencipta Arsip ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

”Studi tiru ini juga terlaksana karena ketertarikan kami akan pola Bimbingan dan supervisi Penataan Arsip di Unit Pencipta Arsip ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah dijalankan DPK Pangkalpinang,” kata Kabid Kearsipan Kabupaten Bangka Barat, Dra. Hj. Lili Puspa

Sementara Kepala Seksi Pembinaan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang , Yulianti Yusuf, S.E mengatakan Pada tahun 2020 ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang memang melaksanakan Bimbingan dan Supervisi Penataan Arsip di Unit Pencipta Arsip Binaan langsung ke OPD dimana dititik beratkan praktek langsung tentang arsip aktif dan arsip In Aktif pada unit pengelolaannya.

”Bimbingan dan Supervisi ini tujuannya Untuk peningkatan kinerja pengelolaaan arsip dinamis dilingkungan Kota Pangkalpinang dan penyerahan Arsip statis dari OPD ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang,” terang Yulianti

Ungkapan terimakasih Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kota Pangkalpinang, Agus Fendi, S.E, M.A atas studi tiru dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat pada siang itu, yang disampaikannya disela sela penyambutan rombongan beserta jajaran.

”Kami sangat berterimakasih kepada teman – teman dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka Barat yang sudah mau melaksanakan studi tiru ditempat kita,” ucap Agus.

Dengan tujuan silahturahmi, mengali ilmu dan pengetahuan baik itu berupa kelebihan dan kekurangan masing masing di bidang kearsipan dan itu patut kita apresiasikan dalam hal kearsipan,” tutupnya.