Kepala Dinas DPK Serahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan keSekolah-sekolah.

PERPUSNAS RI Agusfendi
Kepala Dinas DPK Serahkan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan keSekolah-sekolah

Kepala DInas Perpustakan Arsip Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang,14/03/22. Diserahkan langsung oleh Agus Fendi, S.E., M.A. selaku kepala Dinas DPK Kota Pangkalpinang kepada Kepala-kepala sekolah yang mengikuti sertifikasi akreditasi perpustakaan.
Sertifikasi akreditasi perpustakaan dilaksanakan oleh PERPUSNAS RI melalui dua sistem, yaitu akreditasi reguler dan akreditasi relaksasi. Akreditasi relaksasi dilaksanakan secara online, berdasarkan surat kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor: 3198/4/PPM.02/VII.2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Relaksasi Akreditasi Perpustakaan.
Agusfendi mengatakan “Akreditasi relaksasi ini sebagai stimulus dan sifatnya pembinaan agar kedepan perpustakaan lebih ditingkatkan. Walaupun hasilnya C bukan masalah, kedepan diharapkan nilainya ditingkatkan, minimal sudah diakui secara kelembagaan”.
Nilai tersebut memang sudah ditentukan sesuai dengan surat edaran kepala PERPUSNAS RI, tahapan dan syarat untuk mengikuti akreditasi relaksasi perpustakaan pun sangat mudah karena tidak melalui tahapan layaknya akreditasi reguler. Hanya dengan mengirim portofolio secara online maka nilai akreditasi perpustakaan mendapat predikat “C.”
Helsa R. Si.Pus. (pengelola perpustakaan SD 8 Pangkalpinang) meceritakan kondisi perpustakaan sekolahnya saat ini “kami telah melakukan kegiatan-kegiatan perpustakaan untuk meningkatkan gemar membaca siswa diantaranya program wajib membaca secara daring dengan koleksi e-book yang kami punya, lomba bercerita, baca puisi dan interaktif siswa diPerpustakaan.
Namun helsa juga mengungkapkan kekurangan-kekurangan perpustakaannya antara lain minimnya sarana dan prasarana, seperti komputer dan rak koran yang sampai saat ini belum dimiliki.
Pada penyerahan Sertifikat akreditasi perpustakaan di SDN 61 Pangkalpinang Ronina Mawiwi, S.IPust. menyampaikan
kegiatan-kegiatan yang ada diperpustakaannya, seperti perlombaan membaca dan lain2.
Agusfendi menyampaikan hasil sertifikasi ini untuk memicu dan memacu perpustakaan kedepan agar lebih baik.
Red_adN
Agusfendi SDN 61 Pangkalpinang

Penyerahan sertifikat Sertifikasi Pangkalpinang

SDN 8 Pangkalpinang

Penyerahan Sertifikat Sertifikasi relaksasi perpustakaan sekolah