Tingkatkan Gemar Membaca dan Dukung Gerakan Literasi,SMP Negeri 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat Kunjungi Perpustakaan Kota

 

Pangkalpinang (11/12/2019)– Gerakan literasi adalah upaya menumbuh kembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup agar lebih unggul. Gerakan literasi sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis. Dalam rangka meningkatkan minat baca siswa, SMP Negeri 1 Kelapa Kabupaten Bangka Barat melakukan kunjugan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang. Kunjungan tersebut diikuti oleh 140 siswa perwakilan dari masing-masing kelas mulai dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.

“Kegiatan ini merupakan salah satu program sekolah terkait dengan Gerakan Literasi Nasional agar siswa lebih gemar membaca,” ujar Guru SMP Negeri 1 Kelapa.

Salah satu siswa mengungkapkan sangat antusias mengunjungi Perpustakaan Kota Pangkalpinang. Koleksi buku beranekaragam serta fasilitasnya sangat nyaman dan lengkap,” ungkap Dila.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang (Donal Tampubolo,AP.,M.Si), budaya gemar membaca memang perlu ditingkatkan mengingat semakin menurunnya minat baca anak-anak terhadap buku akibat penggunaan gadget secara berelebihan. “Saya sangat mendukung kegiatan kunjungan ini, selain bisa menambah jumlah pemustaka perpustakaan juga berharap adanya kunjungan lain dari sekolah-sekolah yang selalu mendukung gerakan gemar membaca dan SALAM LITERASI,” tutur Donal Tampubolon.(/Do)