Memperkenalkan Budaya Baca Sejak Dini, Tk Pertiwi Mengunjungi Dispersip Kota Pangkalpinang

Dua puluh tujuh orang murid Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Kota Pangkalpinang mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang pada hari kamis (13/02/2020). Kegiatan tersebut bertujuan mengenalkan perpustakaan sekaligus menumbuhkan minat baca sejak dini.

Anak-anak didampingi oleh guru dan orang tua serta pustakawan yang mengenalkan fasilitas yang terdapat perpustakaan. Setelah melihat-lihat fasilitas yang terdapat di perpustakaan murid-murid diajak ke perpustakaan ruangan anak, terlihat anak-anak cukup antusias membaca buku-buku cerita anak yang didukung dengan gambar-gambar yang cukup menarik.

Guru TK Pertiwi, Ibu Fitri mengatakan, semakin dini anak dikenalkan perpustakaan akan menumbuhkan minat baca semakin awal dan akan berpengaruh positif pada kebiasaannya hingga tumbuh dewasa. Semua anak didik dari TK Pertiwi diajak ke perpustakaan, dengan tujuan mengenalkan anak sejak dini perpustakaan itu bukan hanya tempat meminjam buku atau membaca buku namun banyak fasilitas lainnya.

Budaya gemar membaca memang perlu ditingkatkan mengingat semakin menurunnya minat baca anak-anak terhadap buku karena saat ini anak-anak lebih memilih bermain game dibandingkan dengan membaca buku. Saya sangat senang setiap ada sekolah yang melakukan kunjungan kesini, selain mereka bisa memanfaatkan fasilitas di perpustakaan juga berharap adanya kunjungan lain dari sekolah-sekolah yang selalu mendukung gerakan gemar membaca, tutur Donal Tampubolon, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang.(/Ay)