Pelatihan Kuliner Program Transformasi Perpustakaan Kota Pangkalpinang Berdampak Positif Bagi Peserta Ibu Rumah Tangga

Pangkalpinang – DPK Kota Pangkalpinang terus mendorong potensi Usaha Kecil Mikro (UKM) melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) terutama di bidang kuliner. Salah satunya dengan menggelar pelatihan jajanan kuliner Singkong Thailand.
Acara yang berlangsung di Ruang Digital Library DPK Kota Pangkalpinang pada Kamis (25/8) dihadiri oleh 14 orang peserta dan dipandu oleh pelaku UMKM bidang kuliner, Melly Tristin.
Kabid Perpustakaan DPK Rima Melati pada sambutannya menyampaikan tentang konsep perpustakaan yang dijalankan saat ini.
“Makna dari kegiatan TPBIS ini konsepnya perpustakaan bukan hanya tempat membaca tapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan apa yang telah dibacanya, sehingga impact-nya dapat menambah penghasilan bagi masyarakat yang memanfaatkannya”.
Sementara itu Wiwik Widyati Selaku PIC kegiatan ini menjelaskan peserta pelatihan diberikan materi dan bahan praktik secara berkelompok sehingga mereka tidak hanya mendapatkan ilmu tapi bisa melihat secara langsung prosesnya.
Ade Siti peserta selaku ibu rumah tangga yang mengikuti kegiatan ini merasa sangat puas dan bermanfaat bagi dirinya, “Alhamdulillah bermanfaat sekali bisa membuat singkong thailand dan puding, rencananya nanti dirumah dikembangkan untuk usaha sendiri dan dijual sehingga bisa mendapatkan tambahan penghasilan sebagai ibu rumah tangga”
Selain itu Adin Malaji’ selaku PIC kegiatan ini berharap agar dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.
“Kami berharap kesempatan pelatihan seperti ini jangan disia-siakan, harus dimanfaatkan secara maksimal untuk mendapatkan ilmu yang dibutuhkan, saya minta agar ilmu itu wajib dipraktikkan dirumah masing-masing dan lebih jeli dalam melihat peluang usaha dengan begitu mereka bisa memanfaatkan kesempatan yang ada,” pungkasnya
Red_adN