SURVEI KEPUASAN PEMUSTAKA
PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PANGKALPINANG
Oleh : Adin Malaji’, A.Md
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr. Wb
Dengan puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kembali kejalan yang di ridhoi oleh Allah SWT. Rasa syukur juga kami limpahkan karena telah menyelesaikan laporan survei Survey kepuasan Pemustaka yang fungsinya untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan kuantitas Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpnang. Tak lupa juga ungkapan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dukungan Kasi Pelayaan dan Kepala Bidang Perpustakaan dan dan dari rekan kerja yang telah mengizinkan untuk menyelenggarakan survei tersebut.
Alhamdulillah survei ini telah selesai berikut dengan laporannya, sehingga bisa membantu membangun untuk bisa mempertimbangkan dari hasil survei tersebut yang mutlak berasal dari pernyataan para pengunjung perpustakaan/ pemustaka. Proses survei tersebut memang tidaklah terlalu sulit karena kami pertama-tama memberikan survei kepada Pemustaka lalu setelah selesai dikumpulkan datanya dan setelah dikumpulkan data tersebut di olah atau di presentasekan di masing-masing pernyataan sehingga bisa menghasilkan data-data tersebut. Keakuratan data tersebut 100% valid. Mohon kiranya setelah itu proses peningkatan dan perbaikan mutu pelayanan perpustakaan bisa segera ditingkatkan.
Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa mendapatkan ridlo dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari. Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa. Mudah-mudahan hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin
Wassalamualaikum. Wr. Wb
Pangkalpinang, Januari 2020
SURVEI KEPUASAN PEMUSTAKA
PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PANGKALPINANG
LATAR BELAKANG
Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah pelayanan publik untuk menjadikan pelayanan lebih berkualitas yang bisa diterapkan untuk membangun sarana maupun prasarana yang lebih baik. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalping. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Survei yang berisikan masukan serta saran dari Pengguna perpustakaan itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya pelayanan ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk kepentingan bersama. Sebaliknya pihak Perpustakaan sangat terbantu dengan adanya survei ini, untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan di dalam pelayanan perpustakaan itu sendiri. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan survei tentang kepuasan pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang yang dinilai dari pandangan Pengguna perpustakaan yang selama ini dirasakan.
Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak tentunya menjadi tanggungjawab pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang harapan kami dengan adanya Survei ini semua pihak terkait bisa berupaya agar semua hasil dari survei ini menjadikan bahan dasar dankeiginan dapat terwujud.
Survei ini adalah mutlak 100% suara dari Pengguna Perpustakaan yang terangkum dalam poin-poin yang yang kita butuhkan, kemudian hasil survei kami laporkan sesuai data dan kami tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa paksaan.
TUJUAN DAN MANFAAT
Survei ini mempunyai tujuan untuk melihat respon masyarakat/ pengguna perpustakaan, agar kedepannya pelayaan Perpustakaan dapat memperbaiki dan meningkatkan Kualitas dan mutunya. Adapun manfaat yang didapat yaitu menjadikan bahan masukan untuk dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dan menjadi lebih baik.
SASARAN
Sasaran utama dari survei ini adalah bagaimana cara mengetahui hal-hal apa saja yang menurut pemustaka sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya survei ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun peprustakaan menjadi lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat umum dan juga sebagai tolak ukur akan kualitas dan kuantitas perpustakaan melalui survei tersebut.
WAKTU PELAKSANAAN
Adapun pelaksanaan survei ini pada hari Senin, 17 Februari 2020 dengan pemberian survei ke pemustaka yang dating ke Perpustakaan dan dikumpulkan kembali setelah mengisi pertanyan-pertanyaan survei.
HASIL YANG DIPEROLEH
Dari hasil penelitian yang berupa survei untuk pemustaka, pernyataan yang didapat dan dirasakan oleh Pemustaka ternyata banyak yang puas, terbukti oleh table di bawah ini yang menunjukan persentasi dari hasil survei tersebut. Dari pernyatan dan makna dari setiap angka tersebut yaitu 1= Sangat puas, 2= Puas, 3= Kurang, 4= Tidak Puas, 5= Abstain. Table dibawah ini menunjukan hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam bentuk survei di Perpustakaan Kota Pangkalpinang tentang hal kualitas dan kuantitas Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang dimata Pemustaka. Berikut contoh dari poin-poin dalam survei tersebut:
STATUS RESPONDEN | Jumlah | Persentase | ||||
Pelajar | 25 | 25% | ||||
Mahasiswa | 47 | 47% | ||||
PNS/POLRI/TNI | 5 | 5% | ||||
Swasta | 5 | 5% | ||||
Umum | 18 | 18% | ||||
≤ 5 | 5-10 | ≥10 | Tdk Mengisi | |||
Berapa Kali Mengunjungi Perpustakaan | 15 | 10 | 75 | 0 | ||
S. Puas | Puas | Kurang Puas | Tidak Puas | Abstain | Jumlah | |
PENILAIAN TERHADAP KOLEKSI PERPUSTAKAAN | ||||||
Ketersediaan Koleksi/Buku | 60 | 35 | 5 | 0 | 100 | |
Kerapian Penataan Koleksi/Buku diRak | 72 | 25 | 3 | 0 | 100 | |
Kondisi Fisik Buku | 52 | 40 | 8 | 0 | 0 | 100 |
Penggantian Koleksi (Up to Date) | 31 | 43 | 26 | 0 | 0 | 100 |
PENILAIAN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PERPUSTAKAAN | ||||||
Keramahan Sikap dalam Pelayanan | 81 | 16 | 3 | 0 | 100 | |
Inisiatif dalam Membatu | 83 | 15 | 2 | 0 | 100 | |
Penguasaan Terhadap Koleksi Perpustakaan | 78 | 20 | 2 | 0 | 100 | |
Ketersediaan Petugas Dalam Melayani | 89 | 10 | 1 | 0 | 100 | |
Pelayanan Keseluruhan | 71 | 20 | 9 | 0 | 100 | |
PENILAIAN TERHADAP SARANA PRASARANA PERPUSTAKAAN | ||||||
Kenyamanan Ruang Baca (Penerangan, Kebisingan, dll) | 32 | 60 | 8 | 0 | 100 | |
Keamanan Tem,pat Penitipan Barang (Locker) | 90 | 10 | 0 | 0 | 100 | |
Kebersihan dan Keindahan Ruangan | 31 | 42 | 27 | 0 | 100 | |
Tata Letak Rak Buku dan Meja Baca | 29 | 58 | 13 | 0 | 100 | |
Penataan Lingkungann Secara Keseluruhan | 30 | 60 | 10 | 0 | 100 | |
Fasilitas Pendukung (Wifi, Musholla, WC, Dll) | 33 | 60 | 7 | 0 | 100 | |
TOTAL KESELURUHAN | 862 | 514 | 124 | 0 | 0 | |
PERSENTASE | 86,2% | 51,4% | 1,24% | 0% | 0% |
Dari presentase pada table yang berisikan survei pertanyaan dan pernyataan tentang poin-poin akan kualitas dan kuantitas Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang banyak sekali yang perlu diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini diatas 85% adalah puas hal ini mengartikan bahwa pada umumnya Pemustaka masih merasa puas akan layanan, kualitas dan kuantitas yang ada di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang, berdasarkan hasil dari keseluruhan koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya. Poin-poin dalam survei yang menyatakan nilai sangat puas poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 86,2%, sedangkan katagori Puas yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 51,4% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Untuk nilai dengan katagori kurang puas dengan nilai (3) dan berdasarkan penilaian keseluruhan koresponden menjawab sebesar kurang dari 1,24% dari total survei di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang sedang untuk katagori penilain Tidak puas dengan nilai (4) dari seluruh koresponden menjawab dengan nilai kurang dari 0%. Nilai untuk ketidaksesuai mencapai 0% dan menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh 100% valid serta validitas akan nilai survei ini mengimplementasikan kepuasan Pemustaka yang baik di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang.
EVALUASI
Dalam survei ini banyak hal yang perlu ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi dari Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari survei ini membuktikan masih kurangnya kualitas dan kuantitas dari sebuah lembaga khususnya Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang.hal ini terkait dengan saran yang ada di lampiran survei yaitu :
SARAN DAN KOMENTAR | |||
1 | Penambahan Koleksi Buku Terbaru | ||
– Buku Pendidikan (IPA, Matematika, Fisika dll). Novel, Buku Agama, Hukum, Pertanian, Teknik, Konsep Dasar PAUD, Sejarah Islam, Ekonomi, Penelitian. | |||
2 | Kerapian Penyusunan Buku/ Sesuai Rak Klasivikasi | ||
3 | Penambahan Ruang Baca Bersama | ||
4 | Penambahan Fasilitas Ruang Baca Lesehan | ||
5 | Penambahan Stop Kontak | ||
6 | Adanya Kunci Loker | ||
7 | Membuat Papan Nama Koleksi Buku sesuai jenisnya | ||
8 | Peningkatan Mutu Koneksi Internet | ||
9 | Ruang Baca Anak Harus perlu diperhatikan karena mengganggu konsentrasi | ||
10 | Absensi Menggunakan Sistem | ||
11 | Pencarian koleksi sulit ditemukan | ||
12 | Adakan Kegiatan Sekali-kali misalkan diskusi atau ngobrol bareng | ||
13 | Bising Manusia/Pegawai | ||
14 | Musik diputar setelah jam siang | ||
15 | jangan ada musik lagi ya | ||
16 | Adanya Komputer untuk mengakses buku di perpustakaan | ||
17 | WC Kotor, ember, gayung harap dibersihkan | ||
18 | Kurang nyaman diruang baca | ||
19 | Semoga semakin lengkap, cukup memuaskan | ||
20 | Terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas | ||
21 | kepuasan yang saya terima sebagai anggota perpustakaan membuat saya Puas | ||
22 | Pelayanan sudah sangat baik | ||
23 | Pelayanan ditingkatkan lagi, pasang muka senyum, ramah, sapa pada pengunjung | ||
Dari komentar dan saran tersebut banyak hal yang perlu dicatat oleh Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk terus mengupayakan peningkatan yang berkelanjutan. Peningkatan secara berkelanjutan bisa memberi harapan akan kemajuan dari Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang dan mampu memberikan yang terbaik, diantaranya meningkatkan fasilitas ruang baca, meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, meningkatkan fasilitas bagi pemustaka, dan memperbanyak koleksi bukunya.
TINDAK LANJUT
Kewajiban Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang adalah untuk menindak lanjuti hasil survey yang telah dilakukan, beberapa upaya adalah melalui anggaran pemerintah daerah kota Pangkalpinang dan usulan dana DAK untuk tahun 2021. Beberapa tindak lanjut yang sudah dilakukan adalah :
- Pengajuan Dana DAK Pusat untuk perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan 2021.
- Mengajukan Proposal Bantuan dan Kerjasama ke BUMN dan Swasta.
- Menganggarkan perbelanjaan buku-buku koleksi perpustakaan melalui dana APBD.
- Mengagendakan kegiatan-kegiatan perpustakaan diantaranya Kegiatan pengembangan minat dan budaya baca
- Melakukan kegiatan Promosi dan Publikasi Perpustakaan
KESIMPULAN
Hasil survei ini bisa menjadi acuan Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk senantiasa terus meningkatkan mutu di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang, hal ini menjadi penting karena dari data presentase survei ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini, menambah rasa kepuasan pembaca yang terus ditingkatkan, baik itu dari kualitas fasilitas, SDM maupun promosi perpustakaanya.
PENUTUP
Laporan survei ini sekiranya menjadi acuan di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk lebih meningkatkan kuwalitas pelayanannya, dan kiranya kepuasan pengguna perpustakaan dan kenyaman pemustaka adalah wujud dari keberhasilan Pemerintah.
Demikianlah laporan survei ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan survei tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik, tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil survei ini dan bersama-sama bisa memperbaiki dan mewujudkannya.