SURVEI KEPUASAN PEMUSTAKA PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PANGKALPINANG 2020

SURVEI KEPUASAN PEMUSTAKA

PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PANGKALPINANG

 

 

 

 

  

Oleh : Adin Malaji’, A.Md

 

 

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb

Dengan puji serta syukur serta atas rahmat dan hidayah dari Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat yang tak ternilai harganya dengan apapun. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita kembali kejalan yang di ridhoi oleh Allah SWT. Rasa syukur juga kami limpahkan karena telah menyelesaikan laporan survei Survey kepuasan Pemustaka yang fungsinya untuk mengetahui seberapa besar kualitas dan kuantitas Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpnang. Tak lupa juga ungkapan terima kasih kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, dukungan Kasi Pelayaan dan Kepala Bidang Perpustakaan dan dan dari rekan kerja yang telah mengizinkan untuk menyelenggarakan survei tersebut.

Alhamdulillah survei ini telah selesai berikut dengan laporannya, sehingga bisa membantu membangun untuk bisa mempertimbangkan dari hasil survei tersebut yang mutlak berasal dari pernyataan para pengunjung perpustakaan/ pemustaka. Proses survei tersebut memang tidaklah terlalu sulit karena kami pertama-tama memberikan survei kepada Pemustaka lalu setelah selesai dikumpulkan datanya dan setelah dikumpulkan data tersebut di olah atau di presentasekan di masing-masing pernyataan sehingga bisa menghasilkan data-data tersebut. Keakuratan data tersebut 100% valid. Mohon kiranya setelah itu proses peningkatan dan perbaikan mutu pelayanan perpustakaan bisa segera ditingkatkan.

Semoga apa-apa yang telah kita perbuat senantiasa mendapatkan ridlo dari Allah SWT, serta bermanfaat bagi kita di kemudian hari. Karena sesuatu yang baik adalah milik Allah SWT dan sesuatu yang kurang baik senantiasa tak luput dari kesalahan manusia yang tenpatnya salah dan lupa. Mudah-mudahan  hasil ini memcerminkan kita kearah yang lebih baik lagi dan terus berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik. Amin

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Pangkalpinang,   Januari 2020

 

SURVEI KEPUASAN PEMUSTAKA

PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PANGKALPINANG

 

LATAR BELAKANG

Kualitas dan kuantitas sangat penting dalam sebuah pelayanan publik untuk menjadikan pelayanan lebih berkualitas yang bisa diterapkan untuk membangun sarana maupun prasarana yang lebih baik. Untuk membangun itu semua tentunya tidaklah mudah bahkan memerlukan waktu yang cukup lama dan harus sejalan dengan Visi dan Misi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalping. Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hal tersebut salah satunya melalui Survei yang berisikan masukan serta saran dari Pengguna perpustakaan itu sendiri. Hal ini sangat diperlukan agar kedepannya pelayanan ini bisa menjadi lebih baik lagi dan untuk kepentingan bersama. Sebaliknya pihak Perpustakaan sangat terbantu dengan adanya survei ini, untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan di dalam pelayanan perpustakaan itu sendiri. Dengan dasar itu kami menyelenggarakan survei tentang kepuasan pemustaka pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang yang dinilai dari pandangan Pengguna perpustakaan yang selama ini dirasakan.

Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas secara mutlak tentunya menjadi tanggungjawab pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Anggaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang  harapan kami dengan adanya Survei ini semua pihak terkait bisa berupaya agar semua hasil dari survei ini menjadikan bahan dasar dankeiginan dapat terwujud.

Survei ini adalah mutlak 100% suara dari Pengguna Perpustakaan yang terangkum dalam poin-poin yang yang kita butuhkan, kemudian hasil survei kami laporkan sesuai data dan kami tidak adanya paksaan atau sejenisnya sehingga timbul karena adanya rasa paksaan.

 

TUJUAN DAN MANFAAT

Survei ini mempunyai tujuan untuk melihat respon masyarakat/ pengguna perpustakaan, agar kedepannya pelayaan Perpustakaan dapat memperbaiki dan meningkatkan Kualitas dan mutunya. Adapun manfaat yang didapat yaitu menjadikan bahan masukan untuk dan juga sebagai aspirasi yang selama ini mereka rasakan dengan kata lain untuk kepentingan bersama dan menjadi lebih baik.

SASARAN

Sasaran utama dari survei ini adalah bagaimana cara mengetahui hal-hal apa saja yang menurut pemustaka sangat kurang atau yang menurut mereka perlu peningkatan dan kemajuan yang lebih baik lagi. Dengan adanya survei ini diupayakan agar terciptanya hal-hal yang positif untuk membangun peprustakaan menjadi lebih baik lagi. Sekaligus menjadikan kualitas dan kuantitas yang senantiasa memberikan yang terbaik untuk masyarakat umum dan juga sebagai tolak ukur akan kualitas dan kuantitas perpustakaan melalui survei tersebut.

WAKTU PELAKSANAAN

Adapun pelaksanaan survei ini pada hari Senin, 17 Februari 2020 dengan pemberian survei ke pemustaka yang dating ke Perpustakaan dan dikumpulkan kembali setelah mengisi pertanyan-pertanyaan survei.

HASIL YANG DIPEROLEH

Dari hasil penelitian yang berupa survei untuk pemustaka, pernyataan yang didapat dan dirasakan oleh Pemustaka ternyata banyak yang puas, terbukti oleh table di bawah ini yang menunjukan persentasi dari hasil survei tersebut. Dari pernyatan dan makna dari setiap angka tersebut yaitu 1= Sangat puas, 2= Puas, 3= Kurang, 4= Tidak Puas, 5= Abstain. Table dibawah ini menunjukan hasil yang diperoleh dalam penelitian dalam bentuk survei di Perpustakaan Kota Pangkalpinang tentang hal kualitas dan kuantitas Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang dimata Pemustaka. Berikut contoh dari poin-poin dalam survei tersebut:

 

 

STATUS RESPONDEN Jumlah Persentase
Pelajar 25 25%
Mahasiswa 47 47%
PNS/POLRI/TNI 5 5%
Swasta 5 5%
Umum 18 18%
≤ 5 5-10 ≥10 Tdk Mengisi  
Berapa Kali Mengunjungi Perpustakaan 15 10 75 0
S. Puas Puas Kurang Puas Tidak Puas Abstain Jumlah
PENILAIAN TERHADAP KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Ketersediaan Koleksi/Buku 60 35 5 0 100
Kerapian Penataan Koleksi/Buku diRak 72 25 3 0 100
Kondisi Fisik Buku 52 40 8 0 0 100
Penggantian Koleksi (Up to Date) 31 43 26 0 0 100
PENILAIAN TERHADAP PELAYANAN PETUGAS PERPUSTAKAAN
Keramahan Sikap  dalam Pelayanan 81 16 3 0 100
Inisiatif dalam Membatu 83 15 2 0 100
Penguasaan Terhadap Koleksi Perpustakaan 78 20 2 0 100
Ketersediaan Petugas Dalam Melayani 89 10 1 0 100
Pelayanan Keseluruhan 71 20 9 0 100
PENILAIAN TERHADAP SARANA PRASARANA PERPUSTAKAAN
Kenyamanan Ruang Baca (Penerangan, Kebisingan, dll) 32 60 8 0 100
Keamanan Tem,pat Penitipan Barang (Locker) 90 10 0 0 100
Kebersihan dan Keindahan Ruangan 31 42 27 0 100
Tata Letak Rak Buku dan Meja Baca 29 58 13 0 100
Penataan Lingkungann Secara Keseluruhan 30 60 10 0 100
Fasilitas Pendukung (Wifi, Musholla, WC, Dll) 33 60 7 0 100
TOTAL KESELURUHAN 862 514 124 0 0
PERSENTASE 86,2% 51,4% 1,24% 0% 0%

Dari presentase pada table yang berisikan survei pertanyaan dan pernyataan tentang poin-poin akan kualitas dan kuantitas Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang banyak sekali yang perlu diperhatikan dan dapat dilihat dari rata-rata presentase ini diatas 85% adalah puas hal ini mengartikan bahwa pada umumnya Pemustaka masih merasa puas akan layanan, kualitas dan kuantitas yang ada di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang, berdasarkan hasil dari keseluruhan koresponden dan dilihat secara keseluruhan dan pada umumnya. Poin-poin dalam survei yang menyatakan nilai sangat puas poin pertama (1) menyatakan rata-rata penilaian koresponden 86,2%, sedangkan katagori Puas yang dilihat dari poin dengan nilai (2) yaitu sebesar 51,4% jika dilihat dari nilai keseluruhan. Untuk nilai dengan katagori kurang puas dengan nilai (3) dan berdasarkan penilaian keseluruhan koresponden menjawab sebesar kurang dari 1,24% dari total survei di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang sedang untuk katagori penilain Tidak puas dengan nilai (4) dari seluruh koresponden menjawab dengan nilai kurang dari 0%. Nilai untuk ketidaksesuai mencapai 0% dan menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh 100% valid serta validitas akan nilai survei ini mengimplementasikan kepuasan Pemustaka yang baik di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang.

 

EVALUASI

Dalam survei ini banyak hal yang perlu ditingkatkan agar apa yang menjadi visi dan misi dari Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang menjadi terlaksana dan menjadi lebih baik lagi serta bisa menjadi yang terbaik. Hasil rata-rata dari survei ini membuktikan masih kurangnya kualitas dan kuantitas dari sebuah lembaga khususnya Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang.hal ini terkait dengan saran yang ada di lampiran survei yaitu :

 

SARAN DAN KOMENTAR
1 Penambahan Koleksi Buku Terbaru
– Buku Pendidikan (IPA, Matematika, Fisika dll). Novel, Buku Agama, Hukum, Pertanian, Teknik, Konsep Dasar PAUD, Sejarah Islam, Ekonomi, Penelitian.
2 Kerapian Penyusunan Buku/ Sesuai Rak Klasivikasi
3 Penambahan Ruang Baca Bersama
4 Penambahan Fasilitas Ruang Baca Lesehan
5 Penambahan Stop Kontak
6 Adanya Kunci Loker
7 Membuat Papan Nama Koleksi Buku sesuai jenisnya
8 Peningkatan Mutu Koneksi Internet
9 Ruang Baca Anak Harus perlu diperhatikan karena mengganggu konsentrasi
10 Absensi Menggunakan Sistem
11 Pencarian koleksi sulit ditemukan
12 Adakan Kegiatan Sekali-kali misalkan diskusi atau ngobrol bareng
13 Bising Manusia/Pegawai
14 Musik diputar setelah jam siang
15 jangan ada musik lagi ya
16 Adanya Komputer untuk mengakses buku di perpustakaan
17 WC Kotor, ember, gayung harap dibersihkan
18 Kurang nyaman diruang baca
19 Semoga semakin lengkap, cukup memuaskan
20 Terus meningkatkan pelayanan yang berkualitas
21 kepuasan yang saya terima sebagai anggota perpustakaan membuat saya Puas
22 Pelayanan sudah sangat baik
23 Pelayanan ditingkatkan lagi, pasang muka senyum, ramah, sapa pada pengunjung

Dari komentar dan saran tersebut banyak hal yang perlu dicatat oleh Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk terus mengupayakan peningkatan yang berkelanjutan. Peningkatan secara berkelanjutan bisa memberi harapan akan kemajuan dari Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang dan mampu memberikan yang terbaik, diantaranya meningkatkan fasilitas ruang baca, meningkatkan kwalitas sumber daya manusia, meningkatkan fasilitas bagi pemustaka, dan memperbanyak koleksi bukunya.

 

TINDAK LANJUT

Kewajiban Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang adalah untuk menindak lanjuti hasil survey yang telah dilakukan, beberapa upaya adalah melalui anggaran pemerintah daerah kota Pangkalpinang dan usulan dana DAK untuk tahun 2021. Beberapa tindak lanjut yang sudah dilakukan adalah :

  • Pengajuan Dana DAK Pusat untuk perbaikan fasilitas, sarana dan prasarana perpustakaan 2021.
  • Mengajukan Proposal Bantuan dan Kerjasama ke BUMN dan Swasta.
  • Menganggarkan perbelanjaan buku-buku koleksi perpustakaan melalui dana APBD.
  • Mengagendakan kegiatan-kegiatan perpustakaan diantaranya Kegiatan pengembangan minat dan budaya baca
  • Melakukan kegiatan Promosi dan Publikasi Perpustakaan

KESIMPULAN

Hasil survei ini bisa menjadi acuan Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk senantiasa terus meningkatkan mutu di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang, hal ini menjadi penting karena dari data presentase survei ini sangat membutuhkan perhatian dan tindak lanjut dari hasil ini, menambah rasa kepuasan pembaca yang terus ditingkatkan, baik itu dari kualitas fasilitas, SDM maupun promosi perpustakaanya.

PENUTUP

Laporan survei ini sekiranya menjadi acuan di Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang untuk lebih meningkatkan kuwalitas pelayanannya, dan kiranya kepuasan pengguna perpustakaan dan kenyaman pemustaka adalah wujud dari keberhasilan Pemerintah.

Demikianlah laporan survei ini disusun dan kiranya bisa menjadi data yang valid dari apa-apa yang dihasilkan survei tersebut. Diharapkan untuk kedepanya bisa menjadikan Perpustakaan Umum Kota Pangkalpinang ini terus berkembang untuk menjadi yang terbaik, tentunya menjadu mimpi dan keinginan kita semua agar bisa terwujud dan terlaksana. Yang perlu diperhatikan adalah menemukan bagaimana caranya agar bisa memperbaiki apa yang telah terdata dari hasil survei ini dan bersama-sama bisa memperbaiki dan mewujudkannya.